My Add

Tuesday 4 October 2011

PM Najib Tuding Oposisi Ingin Ambil Keuntungan
Penghapusan ISA Dibahas di Parlemen
Selasa, 04 Oktober 2011 


NAJIB RAZAK
  

RMOL. Perdana Menteri (PM) Malaysia Najib Razak tak terima dengan Rancangan Undang-Undang yang diusulkan kubu oposisi untuk menggantikan Undang-Undang Keamanan Dalam Negeri (ISA). Najib menuding oposisi tengah mengambil keuntungan dari usaha orang lain.

Hal itu berawal dari saran Nurul Izzah, anggota parlemen dari daerah pemilihan Lembah Pantai yang juga putri pemim­pin opo­sisi, Pakatan Rakyat, Anwar Ibra­him.

   Menurut Izzah, PM dapat menggunakan hukum darurat yang telah dipersiapkan anggota parlemen dari oposisi karena Jak­­sa Agung gagal mem­persiapkan rancangan dalam waktu singkat.

“Sebenarnya itu ibarat susu sapi, dan sapi tidak harus meng­ambil keuntungan dari susu itu,” kata Razak menjawab usulan Izzah.

Menurut Najib, pihaknya, ku­bu Barisan Nasional (BN), su­dah mengusulkan pencabutan ISA sejak April 2009. Jadi itu bukan usaha opo­sisi. Nah, be­gitu peme­rintah sedang mela­kukan peneli­tian menyeluruh mengenai peng­ha­pusan ISA, oposisi pun bersuara.

Pemerintah sedang melakukan penelitian menyeluruh mengenai ISA yang penghapusannya akan dibahas pada sidang parlemen Maret 2012. “Jadwal akan di­umum­kan kemudian karena ada be­­berapa hal yang perlu kita la­ku­kan. Ini mencakup perumus­an dua Undang-Undang baru dan kami juga da­lam pro­ses negosia­si dengan be­berapa pi­hak ten­tang itu,” terang Najib.

Najib hadir di Parlemen, ke­marin. Sebagai PM dan Menteri Keuangan, dia dijad­walkan untuk menjawab empat pertanyaan anggota parlemen. Di antaranya menjawab per­tanyaan dari Datuk Alexander Nanta Linggi (BN-Kapit) yang ingin mengetahui strategi pe­merintah untuk rakyat.

Juga tercantum pertanyaan Datuk Seri Anwar Ibrahim (PKR-Permatang Pauh) yang ingin tahu mengapa Komisi Pemilihan mem­­perbaiki kelemahan dalam pro­ses pemilu seperti yang dituntut de­monstrasi “Bersih 2.0”, lima bu­lan lalu.

Terlepas dari pertanyaan-per­ta­nyaan wakil rakyat itu, Najib mengaku siap ditanya mengenai pencabutan ISA. PM Najib juga berpendapat, langkah pencabu­tan ISA adalah bentuk keseriusan pemerintah dan dia tidak asal bicara.

No comments:

Post a Comment